Kerusakan Tv Tabung Lg Disebabkan Defleksi Yoke Bermasalah

Televisi LG 29FL1RL Mati-Total

Diagnosa

Televisi jika kita coba hidupkan sama sekali tidak ada gambar maupun suara.

Model televisi LG :

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Pemeriksaan awal kita lakukan pada bagian B+ di Colector playback yang seharusnya terdapat supply tegangan 115 volt, disini kita tidak menemukannya kondisi pengukuran dengan multitester mengambarkan 0 ohm/ shot. Kita coba Cek transistor horizontal dengan cara melepaskan dari mainboard, hasilnya transistor horizontal masih dalam keadaan baik.

Dengan tanpa transistor di mainboard kita coba cek lagi dengan melepaskan kabel Yoke dan mengukur jalur B+ akibatnya jalur sudah tidak shot, jadi jelas ada kerusakan pada Yoke Defleksi. Yoke bawaan televisi yaitu seperti ini:

Untuk mencari pengganti yang sama kita tidak menemukannya, alasannya adalah setelah kita tanyakan ke dealer LG memang tidak ada jikalau mau kita mesti beli satu paket adalah Tabung+Yoke Defleksi. Akhirnya kita coba cari di Harco Glodok dan diberikan model Yoke yang lain, yang katanya bisa di pakai. Model Yoke-nya seperti ini:

Segera kita pasangkan seperti tampak pada gambar di atas, dan kita coba hidupkan televisi ? Hasilnya suara sudah ada tapi gambar tidak ada, bila kita coba naikan level Screen hanya tampak garis-garis. Bagaimana caranya untuk menampilkan gambar ? Setelah beberapa saat kita periksa ternyata nilai kendala untuk kumparan Vertikal pada yoke yang gres lebih besar, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi ketinggian.

Dengan level yang terlalu tinggi menciptakan IC Bus pada mainboard membuatnya Blank. Cara untuk memperbaiki ini tentunya kita mesti mensetting ulang parameter V Size tapi tidak mampu mengingat tampilan sajian tidak ada pada layar monitor. Akhirnya kita menemukan trik untuk mengakalinya ialah dengan menempelkan prob merah multitester pada kaki IC untuk fungsi Vertikal, sedangkan prob hitam pada ground.

Batas ukur pada posisi VDC 3 volt pada multitester, Setelah gambar tampil pada layar monitor segera kita buka Factory mode dengan cara Menu di televisi dan Menu di remote. Kita coba rubah nilai parameter V size untuk menerima ukuran gambar yang sesuai selanjutnya kita save dengan menekan tombol OK pada remote.

Sekarang prob merah sudah mampu kita lepaskan dari mainboard, untuk posisi prob merah mampu kita lihat pada gambar berikut:

Pada gambar dengan tanda bulat merah ialah posisi yang kita maksud, jika mau lihat eksklusif juga bisa mengingat pada mainboard juga di lengkapi dengan goresan pena untuk setiap pin IC Bus. Kini sehabis semuanya selesai kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah televisi LG sudah hidup kembali

sumber; https://www.hamimservis.com/televisi-lg-29fl1rl-mati-total/

Baca juga: