Tv Tabung Lg Mati Total

1. Televisi LG Flat Mati-Total

Diagnosa

Televisi LG jikalau kita hidupkan terdengar suara cuit-cuit dari dalam televisi sedangkan gambar tidak tampak pada layar monitor-nya

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pemeriksaan kita mulai dengan mengukur jalur B+ dengan menggunakan multitester, gunakan batas ukur x10 tempelkan prob merah pada ground sedangkan prob hitam pada B+ nya. Hasil yang kita dapatkan posisi B+ dalam keadaan shot itu kita lihat dari hasil pengukuran multitester. Untuk memastikan letak kerusakan segera kita lepaskan transistor horizontal dari mainboard.

Setelah kita cek ternyata  transistor horizontal-nya memang sudah dalam kondisi konslet, Segera kita adakan penggantian transistor horizontal. Setelah transistor terpasang kita coba hidupkan televisi-nya? televisi tetap tidak mau hidup dan transistor pengganti kembali shot. Dengan peristiwa ini memberi kita sinyal bahwa Playback mengalami kerusakan.

Televisi merk LG yang menggunakan playback 7164-6006h sering terjadi kerusakan pada bagian output tegangan tingginya ( HV out ). Untuk mengetahuinya kita ukur saja dengan multitester 10 k antara output tegangan hv-nya dengan ground” Biasanya jikalau playback normal hambatannya tak terhingga sebaliknya jikalau playback rusak hambatannya jadi beberapa ohm saja.

Hasil pengukuran playback kita dapatkan playback dalam kondisi shot, jadi langsung kita lepaskan playback yang rusak dan segera kita pasangkan playback gres berikut transistor gres, sesudah kita coba kembali hidupkan televisi-nya ? balasannya televisi LG sudah kembali normal.

Tambahan.
Beberapa waktu kemudian , ketemu lagi pasien televisi LG super slim dengan kondisi Matot/mati-total sehabis diperiksa ternyata transistor horizontal-nya rusak , sempet kepikiran playback-nya rusak juga.Coba kita tes Playback, kesannya Playback elok ‘ maka coba cek lagi di bab Horizontal dimana ada beberapa komponen Capasitor dan Dioda . Hasi dari pengecekan ternyata komponen Capasitor 18 nf/2kv mengalami kerusakan.Segera kita ganti selanjutnya kita tes, alhamdulillah televisi sudah bisa hidup lagi.

Dalam satu waktu kita dapet pasien kembarsamaan dua dua-nya brand LG ,secara logika niscaya problemnya sama . Ada perbedaan ternyata , transistor yang di gunakan adalah C6090 maka kita ganti dengan yang sama persis, untuk televisi LG yang pertama tidak ada problem , jikalau televisi di hidupkan panas yang dikeluarkan dari transistor C6090 konstan. Sebaliknya pada televisi LG yg kedua tidak berlaku alias suhu pada transistor C6090 cenderung makin naik sehabis di nyalakan selama 15 menit televisi eksklusif mati total. Kita coba cari solusi lain untuk perkara mirip ini, transistor C6090- nya kita ganti dengan D2580 selanjutnya televisi kita hidupkan, Alhamdulillah temperatur D2580 konstan, televisi sudah kembali normal.

sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-lg-flat-mati-total/

2. Televisi LG 29FL1RL Mati-Total

Diagnosa

Televisi jika kita coba hidupkan sama sekali tidak ada gambar maupun suara.

Model televisi LG :

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Pemeriksaan awal kita lakukan pada bab B+ di Colector playback yang seharusnya terdapat supply tegangan 115 volt, disini kita tidak menemukannya kondisi pengukuran dengan multitester menunjukan 0 ohm/ shot. Kita coba Cek transistor horizontal dengan cara melepaskan dari mainboard, risikonya transistor horizontal masih dalam keadaan baik.

Dengan tanpa transistor di mainboard kita coba cek lagi dengan melepaskan kabel Yoke dan mengukur jalur B+ alhasil jalur sudah tidak shot, jadi jelas ada kerusakan pada Yoke Defleksi. Yoke bawaan televisi adalah mirip ini:

Untuk mencari pengganti yang sama kita tidak menemukannya, karena sehabis kita tanyakan ke dealer LG memang tidak ada jikalau mau kita mesti beli satu paket yakni Tabung+Yoke Defleksi. Akhirnya kita coba cari di Harco Glodok dan diberikan model Yoke yang lain, yang katanya bisa di pakai. Model Yoke-nya seperti ini:

Segera kita pasangkan seperti tampak pada gambar di atas, dan kita coba hidupkan televisi ? Hasilnya suara sudah ada tapi gambar tidak ada, kalau kita coba naikan level Screen hanya tampak garis-garis. Bagaimana caranya untuk menampilkan gambar ? Setelah beberapa ketika kita periksa ternyata nilai hambatan untuk kumparan Vertikal pada yoke yang gres lebih besar, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi ketinggian.

Dengan level yang terlalu tinggi membuat IC Bus pada mainboard membuatnya Blank. Cara untuk memperbaiki ini tentunya kita mesti mensetting ulang parameter V Size tapi tidak bisa mengingat tampilan hidangan tidak ada pada layar monitor. Akhirnya kita menemukan trik untuk mengakalinya yakni dengan menempelkan prob merah multitester pada kaki IC untuk fungsi Vertikal, sedangkan prob hitam pada ground.

Batas ukur pada posisi VDC 3 volt pada multitester, Setelah gambar tampil pada layar monitor segera kita buka Factory mode dengan cara Menu di televisi dan Menu di remote. Kita coba rubah nilai parameter V size untuk menerima ukuran gambar yang sesuai selanjutnya kita save dengan menekan tombol OK pada remote.

Sekarang prob merah sudah mampu kita lepaskan dari mainboard, untuk posisi prob merah mampu kita lihat pada gambar berikut:

Pada gambar dengan tanda lingkaran merah yaitu posisi yang kita maksud, jikalau mau lihat langsung juga bisa mengingat pada mainboard juga di lengkapi dengan tulisan untuk setiap pin IC Bus. Kini setelah semuanya tamat kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah televisi LG sudah hidup kembali

sumber; https://www.hamimservis.com/televisi-lg-29fl1rl-mati-total/

3. Televisi LG 21FU2AD Mati-Total

Diagnosa

Televisi LG mengalami kerusakan sama sekali tidak hidup alias mati-total, bila kita coba hidupkan cuma terdengar bunyi nyit-nyit dari dalam televisi.

Model televisi LG:

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Dari suara yang di keluarkan dari dalam televisi itu sudah memberi tanda adanya komponen yang konslet, kerusakan umumnya berada di bagian tegangan B+ untuk Playback. Untuk mengetahui letak persisnya mampu kita ukur beberapa komponen yang terkait dengannya , yaitu :

  1. Transistor 2SC6090 hasil pengukuran kita dapatkan dalam keadaan konslet. Kita gunakan prinsip Dioda adalah pengukuran dengan multitester dihentikan bolak-balik.
  2. Capasitor 18nF/2KV hasil pengukuran dalam keadaan rusak. Cara mengukurnya yaitu dengan memakai multitester batas ukur 10K angka pada multitester akan bergerak naik dan turun/ sangat sedikit pergerakan jarum alasannya adalah nilai capasitor yang 18nF/2KV
  3. Playback output HV yaitu pada kop karet kita ukur kesannya anggun/ tidak ada masalah. Pengukuran kita gunakan multitester yang sebelumnya sudah kita buang strum yang masih tersisa. Cara membuangnya dengan menggunakan ground dari tabung itu sendiri sebagai media kita gunakan kabel dan obeng Min.

Karena sudah terang letak kerusakan kini kita siapkan komponen pengganti dan memasangkannya pada mainboard televisi-nya. Posisi capasitor mampu kita lihat pada gambar berikut:

Capasitor yang kita maksud adalah dengan tanda bulat warna hitam, Untuk transistor pengganti kita memakai type 2SD2580 dalam gambar juga bisa lihat. Sekarang saatnya mencoba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah televisi LG sudah kembali hidup.

sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-lg-21fu2ad-mati-total/

Baca juga: