Kerusakan Tv Plasma Lg Disebabkan Bagian Power Supply Bermasalah

Service LG Plasma tv standby on kemudian off
Plasma tv LG50PG50R ,saat start,indikator hijau kemudian beberapa ketika kembali standby merah,distart lagi,begitu lagi seterusnya.
Kita coba analisis sedikit pada kerusakan ini,sepertinya kerusakanya adalah umum terjadi.
Kita coba cek semua output tegangan power supply unitnya dulu,mulai dari Vs,Va,5V,Stby,Ac det,semua tampak setuju.Standby 5V stabil,semua tegangan memperlihatkan skala hampir maksimal,lalu eksklusif off,dikarenakan protect.
Kita coba putuskan supply tegangan ke bagian X dan Ysusnya,ternyata sama saja,
Kita alihkan perhatian pada system control powersupply,kita cek bab control relay on,5V on,Vs on.

Disaat mainboardnya menuju posisi standby dari posisi on,ternyata signal relay,5V on,dan  Vs on nya,masih menyala konstan untuk sementara.tetapi tegangan switch dari controller ke relay dan optocoupler vs sudah off.
Untuk memastikan system PSU unitnya normal apa tidak,kita coba analisis sebagai berikut:
Bahwa ternyata PSU unit untuk prosesnya dikontrol oleh sebuah microcontoler,yang berfungsi antara lain  mengontrol semua tegangan output,termasuk didalamnya control suhu,arus / ampere,fault / kesalahan tegangan (over/under limit),timing ,serta masih banyak lagi.

Untuk langkah pertama kita lepaskan dulu koneksi dari PSU ke mainboard dan ke x/y sustainnya,kemudian kita disable dulu fungsi dari controllernya,dengan memutuskan kekerabatan dari controller ke relay dan ke optocoupler start dan boost up,kemudian disambung pribadi antara 5v on,relay on,dan vs on,dihubungkan langsung dengan v standby 5v,
Langkah selanjutnya sambung lagi dari tegangan stanby 5v menuju ke switch optocoupler vs , boost up, dan ke relay on, PSU siap dinyalakan pada kondisi stand alone.Sebelum dinyalakan siapkan pengukuran dulu ke bagian output tegangan terutama Vs nya..

Kita coba nyalakan PSU sebentar,sambil kita ukur output tegangan dari masing – masing output,kemudian kita menerima hasil sebagai berikut.
Untuk bagian Vs nya memberikan tegangan 150v,lalu perlahan menuju ke 175v konstan.(seharusnya tegangan 190v)_
Untuk Va nya,output dari rectifier langsung,menawarkan tegangan 45v,sedangkan Va yang sudah diboost up tegangannya 65v konstan.
Dari sini kita berasumsi bahwa Vs outputnya mengalami dilema.kemudian kita coba melepas semua beban pada tegangan Vs,sehabis dicoba kesudahannya tetap sama.

Kemudian kita coba check optocoupler dan ic 431 nya,akhirnya masih bagus juga,masih kurang yakin kita ganti dengan yang baru.
Selanjutnya kita check dioda output Vs nya,karenanya juga masih manis.Tapi hati -hati,dua buah dioda Vs ini jenisnya berbeda,yang satu ialah type PNP dan yang lain NPN,jadi secara menurut skemanya,dua dioda ini digabung menjadi Bridge rectifier,
Nah,dari sini kita beranggapan mungkin salah satu atau bahkan kedua dioda ini ada yang mengalami kebocoran,disaat kondisi sedang ON,walaupun dalam kondisi offline terlihat elok pada pengukuran.
Setelah kita ganti ,power supply kembali normal,Vs nya bergerak ke 190v cepat dan konstan.
Kemudian kita kembalikan semua koneksi jalur yang kita modifikasi tadi,dan kita  rangkai kembali ke panel,kemudian kita coba.
Hasilnya panel bekerja normal,skala pengukuran tegangan ,semuanya sesuai dan sesudah dicoba beberapa menit suhunya juga normal.
Kesimpulannya,
* Kita harus hati – hati dalam mendiagnosa suatu  komponen,sebagai salah satu contoh diatas,bahwa dua dioda penyearah ternyata bebeda jenis,walaupun secara fisik sama,sebelumnya perhatikan dulu jalur – jalurnya,bila ada lihat dulu datasheetnya.
* Sering kali kita menggunakan metode BIASANYA,yang bahu-membahu mampu menjadi penyebab,hal menjadi lebih sulit,bahkan mungkin gagal,sebaiknya kita teliti dahulu dengan benar dan tabah.
* Selalu memperhitungkan faktor lain,diantaranya diantaranya ialah toolkit kita yang mungkin belum sesuai standard atau tingkat akurasinya yang kurang,harap dimaklumi karena untuk menyediakan alat yang sangat presisi kita membutuhkan banyak biaya,paling tidak secara sedikit demi sedikit.
Mohon maaf bila ada maksud yang tidak mampu kita ungkapkan dalam bahasa,namun mungkin dari gambar mampu sedikit menjelaskan.
Sukses selalu